Rabu, 19 November 2014

HUKUM TAK TAHAN LAYANAN ISTRI, SUAMI MINTA CERAI



5.   TAK TAHAN LAYANAN ISTRI, SUAMI MINTA CERAI

A.  Motif Permasalahan :
Banyak orang yang pernikahannya berantakan lantaran hubungan intim kurang intens. Tapi, pria di Mumbai-India ini malah sebaliknya, dia meminta cerai lantaran sudah angkat tangan menghadapi istrinya yang haus-plus-rakus seks. Wa, wah ....
Dalam gugatannya lewat pengadilan sejak Januari lalu, lelaki itu melaporkan bahwa istrinya adalah seorang yang kaku, agresif, keras kepala, dan suka menang sendiri. Sang istri juga kerap menyulut pertengkaran tanpa sebab. Sejak menikah, pria malang itu dipaksa melayani syahwat istrinya yang keterlaluan dan sangat tergila-gila pada hubungan badan. Agar si lelaki selalu Jos, istrinya memaksanya minum obat-obatan dan alkohol.
Meski tak menjelaskan secara detail, pria tersebut melapor bahwa dirinya kudu meladeni aktivitas seks istrinya yang tidak wajar. Kalau ditolak, murkalah sang istri. Bisa-bisa ia lari dan ber-hohohihe bersama pria lain dengan sepengetahuan sang suami.
Yang paling kebangetan terjadi pada oktober 2013, saat itu si lelaki di opname karena sakit usus buntu. Dokter pun menyuruhnya bed rest (istirahat di tempat tidur). Eh, si istri enggak punya perasaan. Sang suami boleh ada ditempat tidur, tapi gak boleh istirahat. Harus selalu on (hidup)
Untung, penderitaannya sudah berakhir. Akhir agustus,  pengadilan mengabulkan keinginan pria malang itu untuk bercerai.
Sumber : Jawa Pos. edisi : Selasa 9 September 2014
B.  Pertanyaan :
1.   Bagaimanakah tindakan sang istri terhadap suaminya mengingat deskripsi diatas?
C. Jawaban :
1. Tidak dibenarkan istri menuntut suami untuk melakukan layanan yang berlebihan
D. Referensi
المهذب - (2 / 66)
 فصل ويجب على الزوج معاشرتها بالمعروف  من كف الأذى لقوله تعالى { وعاشروهن بالمعروف }
ويجب عليه بذل ما يجب من حقها من غير مطل ولقوله صلى الله عليه وسلم مطل الغني ظلم ولا يجب عليه الاستمتاع لانه حق له فجاز له تركه كسكنى الدار المستأجرة ولان الداعي إلى الاستمتاع الشهوة والمحبة فلا يمكن إيجابه والمستحب ألا يعطلها لما روى عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنه قال قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم أتصوم النهار قلت نعم وقال وتقوم الليل قلت نعم قال لكني أصوم وأفطر وأصلي وأنام وأمس النساء فمن رغب عن سنتي فليس مني ولانه إذا عطلها لم يأمن الفساد ووقوع الشقاق ولا يجمع بين مرأتين في مسكن إلا برضاهما لان ذلك ليس من العشرة بالمعروف ولانه يودي إلى الخصومة ولا يطأ إحداهما بحضرة الأخرى لانه دناءة وسوء عشرة ولا يستمتع بها إلا بالمعروف فإن كانت نضو الخلق ولم تحتمل الوطء لم يجز وطوها لما فيه من الإضرار
تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (9 / 165)
وفائدته حفظ النسل وتفريغ ما يضر حبسه واستيفاء اللذة والتمتع وهذه هي التي في الجنة وهل هو عقد تمليك أو إباحة وجهان يظهر أثرهما فيما لو حلف لا يملك شيئا وله زوجة والأصح لا حنث حيث لا نية وعلى الأول فهو مالك لأن ينتفع لا للمنفعة فلو وطئت بشبهة فالمهر لها اتفاقا ولا يجب عليه وطؤها ؛ لأنه حقه وقيل عليه مرة لتقضي شهوتها ويتقرر مهرها

2.  Apakah sang suami tidak termasuk kontek وعاشروهنبالمعروفdalam melayani istrinya? Dan sebatasmana kontek tersebut berlaku pada sang istri?
C. Jawaban :
2. Sudah termasuk kontekوعاشروهن بالمعروف. Karena sudah memenuhi kewajibannya.

D. Referensi
الموسوعة الفقهية الكويتية - (30 / 120)
معنى العشرة بالمعروف :
معنى العشرة بالمعروف التي أمر الله تعالى بها الأزواج في قوله تعالى : { وعاشروهن بالمعروف } هو : أداء الحقوق كاملة للمرأة مع حسن الخلق في المصاحبةوقال الجصاص : ومن المعروف أن يوفيها حقها من المهر والنفقة والقسم ، وترك أذاها بالكلام الغليظ ، والإعراض عنها ، والميل إلى غيرها ، وترك العبوس والقطوب في وجهها بغير ذنب
تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (9 / 165)
وفائدته حفظ النسل وتفريغ ما يضر حبسه واستيفاء اللذة والتمتع وهذه هي التي في الجنة وهل هو عقد تمليك أو إباحة وجهان يظهر أثرهما فيما لو حلف لا يملك شيئا وله زوجة والأصح لا حنث حيث لا نية وعلى الأول فهو مالك لأن ينتفع لا للمنفعة فلو وطئت بشبهة فالمهر لها اتفاقا ولا يجب عليه وطؤها ؛ لأنه حقه وقيل عليه مرة لتقضي شهوتها ويتقرر مهرها

Sail, PP. MambaulUlumBata-BataPamekasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar